Plus-minus Penggunaan Lantai Kayu

Magid Senin, 07-11-2011 | 10:44 WIB Arsitektur
lantai_kayu.jpg

Contoh lantai kayu. Foto:batamtoday


BATAM, propertinews - Saat ini bahan yang dipakai sebagai lantai rumah beraneka ragam, dan yang mulai banyak peminatnya adalah lantai rumah yang berbahan dasar kayu. 

 

Lantai rumah yang berbahan dasar kayu ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan lantai rumah berbahan lain. Tapi jangan dilupakan juga mengenai kekurangan-kekurangan dari lantai kayu ini sehingga nanti kita akan lebih bijaksana dalam menentukan pilihan.

Untuk lebih jelasnya mengenai lantai rumah yang berbahan kayu berikut akan kita uraikan kelebihan dan kekurangan dari pemakaian lantai kayu.

Kelebihan lantai Kayu

1.Memunculkan Kesan Alami 

Dengan pemakaian lantai dari bahan kayu kesan alami dan natural dalam rumah akan tercipta. Bagi yang menyukai suasana alam pemakaian lantai kayu ini bisa menimbulkan kesan mendalam sehingga dia akan merasa betah berada di dalam rumah. 

Disamping itu motif pada kayu yang beraneka ragam menjadikan kita lebih leluasa dalam memilih motif yang sesuai dengan desain interior ruangan dalam rumah kita. 

2.Membuat Ruangan Menjadi hangat

Kelebihan lantai kayu akan membuat ruangan menjadi hangat meskipun pada musim dingin atau musin penghujan. Karena sifat dari kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari yang selanjutnya akan digunakan untuk menghangatkan udara pada malam hari. 

Kekurangan Lantai Kayu

1.Mudah Keropos

Lantai kayu yang kurang mendapatkan perlakuan khusus saat akan dipasang terutama penanggulangan terhadap rayap, maka setelah dipasang di lantai beberapa lama pasti akan mengalami keropos yang disebabkan oleh rayap ataupun oleh kelembapannya.

2.Lantai Memuai

Kekurangan lantai kayu yang lain yaitu sifat dari kayu yang bisa memuai ataupun menyusut saat terjadi perubahan suhu yang drastic. Jika lantai kayu mengalami pemuaian maka akan menjadikan lantai tidak rata dan tidak nyaman.