Menyelaraskan Ruangan, Ciptakan Kesan Nyaman

Magid Jum'at, 09-09-2011 | 13:12 WIB Arsitektur
ruang_nyaman.jpg

BATAM,propertinews - Menentukan langgam interior yang akan diterapkan di rumah sering memakan waktu lama. Ada banyak yang yang dipertimbangkan demi mendapatkan rumah yang indah namun nyaman, yaitu salah satunya menyesuaikannya dengan gaya hidup dan fungsi.

Furniture memang dapat menjadi elemen utama dalam menentukan gaya desain yang dipilih dalam sebuah ruangan. Akan tetapi, di samping mengenal desain furniture dan aksesori pendukung interior lainnya, ada hal lain yang harus diperhatikan. Yaitu desain pembentuk ruang interior atau menciptakan ambience ruangan secara keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan lewat dinding, plafon maupun lantai. Bersama dengan furniture dan akseoris pendukung, elemen-elemen tersebut memiliki kekuatan khas yang bekerja secara sinergis dan saling mempengaruhi dalam menciptakan sebuah gaya.

"Dengan demikian, keselarasan setiap unsur desain dalam ruangan itu pun dapat dijaga untuk menghasilkan harmonisasi yang tepat," tulis David Anggara dalam catatan tips yang diterima redaksi Propertinews, Jum'at (9/9/2011).

David Anggara mencontohkan, wall paper bermotif floral atau sulur dan yang unik menjadi salah satu penanda ruang bergaya klasik. Jika tidak ingin berkesan penuh, wallpaper ini dapat diaplikasikan di salah satu bidang dinding atau membagi bidang dinding secara horsontal. Bagian bahwanya menggunakan warna netral yang lembut.

"Anda dapat juga menonjolkan desain plafon, misalnya menggunakan desain drop ceiling (plafon turun).Di bagian sudut plafon yang memiliki tingkat tertentu, diberikan ukiran,"tulisnya.

Agar terlihat lebih cantik, ahli desain interior ini menyarakankan agar menggunakan continuous lighting dengan warna kuning hangat yang tersembunyi di balik tingkatan kedua. Bias cahayanya akan memberi kesan romantis sekaligus artistic dalam ruang.

"Dengan penataan tersebut, gaya klasik pun sudah terasa sehingga tinggal bermain dengan furniture dan aksesorinya.,"tulisnya lagi.

Lain halnya dengan gaya simple modern yang lebih mengutamakan kesederhanaan desain dalam setiap elemen pendukung gaya interior. Dinding dibuat polos dengan warna terang atau bisa juga dengan menggunakan wallpaper tertekstur garis vertical. Sementara itu, tak ada salahnya menggunakan desain drop ceiling. Namun, hindarilah pemakaian motif pada salah satu lisnya. Agar kesan modern tetap kental tanpa terkesan dingin, Anda dapat menggunakan lantai dengan sedikit corak menyerupai batu alam berwarna krem atau beige.