Menentukan Warna Ruang Tamu Jelang Lebaran

Magid Kamis, 25-08-2011 | 15:50 WIB Hunian
menata_ruang_tamu.jpg

BATAM, propertinews - Suasana lebaran mulai terasa, seiring dengan akan berakhirnya bulan Ramadhan ini. Moment lebaran biasanya dijadikan waktu berkunjung ke sanak keluarga, kerabat, atau bahkan relasi bisnis.

Ketika hari kemenangan tiba,anda tentunya merasa senang bila banyak yang bertamu. Nah, untuk menciptakan suasana yang menyenangkan ada baiknya Anda menata ulang ruang tamu Anda sehingga suasana menjadi lebih nyaman dan interaksi dengan tamu pun lebih memuaskan.

Berikut ini tips dari Propertinews yang diambil dari berbagai sumber, Kamis, 25 Agustus 2011.

Menurut sejumlah pakar interior desainer, tidak ada salahnya jika Anda ingin memberikan sentuhan nuansa baru pada interior ruang tamu Anda pada moment tertentu. Tujuannya agar ruangan semakin apik dan tampak berbeda dari tampilan sehari-hari. Penataan ulang juga akan memberi sirkulasi pergerakan yang lebih leluasa sehingga dapat meningkatkan daya tampung ruangan. Nah, untuk mengubah suasana ruangan, Anda bisa merubah komposisi warna dinding ruang tamu sesuai dengan selera.

"Mungkin sebelumnya dinding dan nuansa ruang tamu Anda berwarna gelap serta terlihat mati. Untuk menghidupkan suasana, warna dinding ruangan harus diubah. Jadi, Anda bisa coba ubah dengan warna yang lebih cerah agar ruang tamu tampak terang dan ceria misalnya memilih warna hijau yang membuat ruang tamu terlihat semakin cerah dan segar," tulis Ahmad Arfan, pengasuh Edupaint.

Selain itu, warna Hijau dianggap sangat cocok dengan suasana lebaran yang tenang dan menyejukkan jiwa. Anda bisa aplikasikan warna hijau muda pucat pada bagian dinding dikombinasikan dengan lantai berwarna putih dipadukan dengan furniture dan aksesoris yang sesuai. Selanjutnya Anda tentukan kesan/tema ruangan apa yang akan Anda munculkkan.

"Contohnya, untuk memunculkan kesan etnik, Anda bisa coba memilih aksen ruangan yang memiliki tema etnik. Seperti, menggunakan sofa berwarna coklat tua dengan bantal-bantal berwarna hijau agar tampilan sofa dan dinding terlihat senada," kutip Ahmad Irfan lagi.

Tips lain yang bisa dilakukan jelang lebaran untuk membuat suasane lebih menyenangkan di ruang tamu adalah dengan masukkan tanaman hijau dalam pot berbentuk keranjang berwarna coklat muda dan letakkan di sudut ruangan. Untuk memperkuat kesan etnik sebaiknya hadirkan meja tamu dan bufet boks dekoratif yang terbuat dari bahan kayu serta lukisan di dinding dengan bingkai berwarna coklat tua.  Jangan lupa hamparkan karpet yang juga berwarna coklat muda di tengah-tengah ruangan.