Sambut Tamu Anda dengan Teras Atraktif

Redaksi/Kompas.com Sabtu, 17-03-2012 | 13:20 WIB Arsitektur
teras-rumah.jpg

BATAM, batamtoday - Sebagai lokasi yang mendapat "tempat kehormatan" untuk menyambut tamu yang datang pertama kali, teras rumah memang perlu mendapat perhatian lebih. Dengan penataan tepat dan lebih atraktif, setiap tamu yang mengunjungi rumah Anda pun akan merasa nyaman. 

Selain itu, hunian Anda juga akan tampil lebih menarik. Namun, pertimbangan pertama dalam menata teras adalah lokasi atau penempatan teras. 

Teras memang bisa berposisi di samping, belakang, atau depan rumah. Kebanyakan, orang memilih penempatan teras di bagian depan rumah agar berkesan lebih formal. Apabila rumah menghadap barat atau timur, sebaiknya ditambahkan kerai pada bagian teras rumah. Pasalnya, bangunan yang mengarah barat dan timur segaris dengan peredaran matahari, dan kemungkinan mendapatkan paparan cahaya matahari lebih besar pada waktu pagi atau sore. Hal ini juga berpengaruh pada pemilihan furnitur dan aksesori untuk teras. 

Selanjutnya, Anda perlu menentukan tujuan pembuatan teras. Misalnya, untuk menyambut tamu dalam suasana nonformal atau sekaligus berfungsi sebagai tempat bersantai untuk membaca koran. 

Hal tersebut akan menentukan perabot untuk teras Anda. Karena umumnya, berlokasi di bagian luar rumah dan berfungsi sebagai transisi antara halaman dengan rumah, sebaiknya pilihlah perabotan yang relatif tahan dengan cuaca. 

Teras biasanya lebih banyak mendapat terpaan sinar matahari dan cipratan air hujan yang lebih banyak daripada ruangan dalam rumah. Pemilihan perabot yang "tahan banting" pun jadi penting. 

Pemikiran serupa juga perlu diterapkan pada lantai. Agar tidak licin saat terkena air hujan, sebaiknya gunakan material lantai bertekstur. Misalnya, material berbahan keramik atau batu alam. 

Untuk mempercantik teras, Anda bisa menempatkan meja dan kursi. Bisa juga menambahkan sentuhan tanaman dalam pot di tiap sudut atau digantung. 

Karena berkaitan dengan halaman. Anda juga perlu memerhatikan penataan taman. Pastikan tampilan teras didukung pula dengan taman yang apik. 

Sebagai catatan, sesuaikan pula atribut teras dengan gaya keseluruhan hunian agar tampil harmonis. Misalnya, jika rumah Anda bergaya etnik klasik, Anda bisa memilih perabot kayu yang berukir, patung pengantin tradisional, dan lain-lain. 

Namun, jika ingin tampil lebih "berani", kontraskan warna meja kursi dengan cat tembok atau latar teras agar tampil lebih atraktif. Atau, Anda bisa juga menggunakan dinding batu bata yang diekspos tanpa polesan sehingga berkesan lebih alami. 

Selamat mempercantik teras rumah Anda!