Kenyamanan Tidur Dipengaruhi Warna Kamar Anda

Redaksi/Kompas.com Rabu, 25-01-2012 | 14:41 WIB Arsitektur
kamar_tidur.jpg

JAKARTA, propertinews - Kualitas tidur bisa didapatkan dari tampilan ruangan yang nyaman dan menenangkan. Warna ruangan berperan penting memunculkan kesan tersebut bagi si pemilik kamar. 

Desainer interior Yosephin Indriati mengatakan, warna yang nyaman untuk kamar tidur biasanya adalah hijau. Bukan rahasia lagi, bahwa warna yang diasosiasikan dengan warna tanaman ini mampu memberi kesan menenangkan dan natural. 

Warna hijau juga dipercaya memberi kelegaan, melepaskan kejenuhan, serta membantu orang menjadi lebih santai. Dengan begitu, ruangan yang tenang ini akan mendukung kualitas istirahat bagi pemilik kamar. 

Selain hijau, warna netral juga dapat membantu kenyamanan dalam kamar tidur. Warna krem, misalnya, akan memberikan kesan natural dan berkesan klasik. Sementara putih, beige, dan salem akan memberikan kesan lega dan tenang pada ruangan. Namun, agar tidak terlalu pucat, Anda bisa memadukannya dengan aksesoris seperti sprei, gorden, juga furnitur. 

Yosephin mengatakan, jika ingin tampil beda lewat permainan warna-warni, Anda bisa melakukannya dengan cara menambahkan warna putih. Dengan begitu, hasilnya akan menjadi lebih halus dan lembut, sehingga cocok untuk kamar tidur. 

Untuk menghilangkan kebosanan, Anda cukup hanya memainkan aksennya. Warna yang disebutkan di atas, kata dia, cocok untuk kamar perempuan karena berkesan feminim. Sementara, warna yang cocok untuk kamar laki-laki, bisa ditambahkan dengan warna hitam. Penambahan hitam akan memunculkan kesan maskulin.